•  

Akses Portal Garuda Indonesian Publication Index

The Indonesian Publication Index (IPI) merupakan situs akademik yang didesain untuk mencari, mengindeks, memonitor dan mengembangkan standar publikasi ilmiah di Indonesia. Sampai bulan Juli 2015, sekitar 2700 jurnal dan 250.000 artikel dapat dilacak di situs ini. Untuk memudahkan pengguna pemula berikut ini petunjuk sederhana pencarian artikel jurnal.

 

Ada dua cara sederhana akses artikel dari IPI

 

A.Pencarian memakai search document

 

1). Buka situs http://id.portalgaruda.org/

 

2. Ketik katakunci yang dicari pada kolom “search document”, misalnya intellectual capital.  Pada sisi sebelah kiri, Anda bisa ubah lema pencarian sesuai kebutuhan, baik berdasarkan title (judul), abstract (abstrak), author (pengarang) atau affiliation (institusi pengarang).

 

3. Setelah Anda klik search document, akan muncul artikel-artikel jurnal terkait dengan kata kunci yang Anda cari. Apabila Anda ingin membaca/mengunduh teks penuh artikel yang Anda cari, silahkan klik gambar PDF sebagaimana di bawah ini. Catatan: artikel yang dapat diunduh hanya yang memiliki gambar PDF.

 

 

4. Setelah Anda klik PDF, maka akan muncul teks penuh artikel yang Anda cari. Jangan lupa save as apabila ingin menyimpan dalam komputer Anda.

 

B.Pencarian berdasarkan rumpun jurnal

 

1.    Tentukan rumpun jurnal Anda, misalnya “economics, econometrics & finance”.

 

2.    Rumpun jurnal berisi jurnal-jurnal dalam kategori subjek tertentu. Rumpun “economics, econometrics & finance”, sebagai contoh, berisi jurnal seperti di bawah ini. Klik jurnal yang kita pilih, misalnya Al Iqtisad.

 

3.    Setelah diklik, akan muncul artikel-artikel dalam jurnal tersebut, seperti dalam gambar di bawah ini. Pilih salah satu yang diminati, dengan cara mengklik gambar PDF. 

 

4.    Artikel akan tampak, jangan lupa save as untuk menyimpan artikel dalam komputer Anda.


Link :

http://garden.iain-surakarta.ac.id/seg/detail/4324/petunjuk-pengguna-portal-garuda-indonesian-publication-index