•  

Perpustakaan Tutup Layanan

PENGUMUMAN


Diberitahukan kepada seluruh civitas akademika IAIN Surakarta bahwa pada:

Hari :  Kamis 
Tanggal :  12 januari 2017 

Perpustakaan Pusat tutup layanan dikarenakan Penataan rak dan rapat koordinasi tahunan tahun 2017.

Demikian untuk menjadikan maklum.



MoU Perpustakaan Nasional RI dengan IAIN Surakarta

PENANDATANGAN NASKAH KESEPATAKAN BERSAMA ANTARA PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA DENGAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI  SURAKARTA
 

Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. selaku Rektor IAIN Surakarta dan Drs. Muh. Syarif Bando, MM. selaku Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pada tanggal 8 November 2016 bertempat di Ballroom Hotel Singgasana Makasar, Sulawesi Selatan telah melaksanakan Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Kerja sama ini dalam bidang perpustakaan dengan tujuan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam melakukan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Acara Penandatangan MoU ini dilaksanakan di Makasar dibarengkan dengan pembukaan events perhelatan nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI yaitu Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-9 yang mengusung Tema: “Transformasi Perpustakaan Digital di Era Digital Native”, yang berlangsung mulai 8 November hingga 11 November 2016 dan dalam kesempatan ini IAIN Surakarta mengikuti sebagai peserta yang diwakili oleh Erland Cahyo Saputro, M.Hum selaku Kepala Perpustakaan.

Program kerja sama yang akan dilaksanakan antara lain dalam bentuk: Pertemuan ilmiah, penelitian dan publikasi bersama dalam bidang perpustakaan dan kepustakawanan; Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan, pelatihan dan magang; Pemanfaatan sumberdaya informasi koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar; serta Pelestarian dan pendayagunaan karya cetak dan atau karya rekam dalam berbagai media yang diterbitkan ataupun tidak diterbitkan, baik yang berada di dalam negeri maupun di luar negeri yang dimiliki oleh perpustakaan.

Acara penandatanganan MoU antara Perpustakaan Nasional RI dengan Lembaga Mitra kemarin selain dengan IAIN Surakarta juga bersama dengan perguruan tinggi lain seperti IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sunan Ampel Surabaya, IAIN Salatiga, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Politeknik Manufaktur Bangka, STIA Bina Banua Banjarmasin, STIE AUB Surakarta, dan STIKES Santa Elisabeth Medan.

Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-9 ini dihadiri oleh para Rektor, Pejabat Daerah Propinsi/Pemda, Kepala Kantor Arpusda, Kepala Perpustakaan dan Pustakawan berbagai jenis perpustakaan, dengan harapan melalui kegiatan konferensi ini dapat  dibangun sebuah kesepakatan antara pengelola perpustakaan mulai dari tingkat perguruan tinggi, kabupaten/kota hingga propinsi untuk berbagi referensi melalui sebuah program digitalisasi perpustakaan dan kesepahaman dalam meningkatkan layanan perpustakaan yang baik dan nyaman bagi pemustaka di seluruh Indonesia. [Erland].


Akses Buku Gratis di Situs en.bookfi.net

       Bagi anggota perpustakaan pusat IAIN Surakarta (mahasiswa maupun dosen) yang sedang sedang mengumpulkan literatur untuk pengayaan wacana akademik maupun untuk membuat proposal penelitian, baik untuk skripsi maupun tugas kuliah, tersedia ribuan buku dengan berbagai tema yang bisa diakses secara gratis. Situsi ini adalah http://en.bookfi.net. Anda bisa membuka web tersebut, lalu memasukkan kata kunci untuk pencarian buku yang dikehendaki.
         Silahkah klik http://en.bookfi.net

Perpustakaan Pusat IAIN Surakarta Menempati Urutan 18 (340) di Indonesia One Search Kategori Perguruan Tinggi

          Perpustakaan Pusat IAIN Surakarta menempati urutan ke- 18 kategori perguruan tinggi se-Indonesia di Indonesia One Search (IOS) yang dikelola Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Hingga Oktober 2016, ada 340 perguruan tinggi se-Indonesia yang ikut serta menyediakan sumber daya koleksi untuk IOS dan jumlah item yang sudah berhasil diindex. Urutan yang dibuat IOS berdasarkan sumber daya koleksi yang sudah diindeks. Sementara diantara perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Perpustakaan Pusat IAIN Surakarta berada di urutan ketiga dibawah UIN Malang (urutan 8) dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (12).
       
IOS adalah sarana teknologi informasi yang menghimpun berbagai data dari berbagai pihak mulai perpustakaan di perguruan tinggi, sekolah, kementerian maupun perpustakaan atau pusat data di pemerintah daerah. Kegunaan IOS ini untuk memudahkan akses publik dalam menelusuri buku maupun artikel di manapun berada serta meningkatkan akses publik terhadap dokumen perpustakaan baik yang ada di perguruan tinggi, kementerian maupun pemerintah daerah.

Link urutan Perpustakaan Pusat IAIN Surakarta http://onesearch.id/Search/Partners

Link koleksi Perpustakaan Pusat IAIN Surakarta http://onesearch.id/Repositories/Repository?institution_id=326

Registrasi Anggota Perpustakaan Pusat Bagi Mahasiswa Reguler Angkatan 2015 dan Sebelumnya

         Diberitahukan kepada mahasiswa reguler angkatan 2014 dan sebelumnya, bahwa untuk mengaktifkan kembali status anggota aktif UPT Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta, maka diharapkan untuk melakukan her registrasi pada tanggal 10 - 21 Oktober 2016 di loket sebelah selatan UPT Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta.
           Adapun syaratnya adalah membawa kartu anggota UPT Pusat Perpustakaan dan membayar uang registrasi sebesar Rp. 5000,00