main banner

SEJARAH DAN DINAMIKA

Sejarah UPT Perpustakaan STAIN Surakarta tidak terlepas dari sejarah lahirnya STAIN Surakarta. Awal mula berdirinya STAIN Surakarta adalah dibukanya IAIN Walisongo kelas jauh yang berada di Surakarta. Fakultas kelas jauh yang dibuka di Surakarta merupakan relokasi dari fakultas Syariah di Pekalongan dan fakultas Ushuluddin di Kudus.


Pada tahun 1992 IAIN Walisongo di Surakarta diresmikan oleh menteri Agama Dr. Munawir Sadzali, MA., dengan nama IAIN Walisongo di Surakarta yang memiliki dua fakultas yaitu fakultas Syariah dan Ushuluddin dengan rektor Drs. H. Ahmad Lujito (rektor IAIN Semarang pada saat itu). Keberadaan 2 fakultas tersebut, kemudian memiliki dan membuka perpustakaan fakultas yakni perpustakaan fakultas Syariah dan perpustakaan fakultas Ushuluddin. Sejak itulah perpustakaan fakultas Syariah dan perpustakaan fakultas Ushuluddin  berdiri yang akan menjadi cikal bakal berdirinya Perpustakaan STAIN Surakarta.

Koleksi yang ada pada saat itu berasal dari koleksi Perpustakaan IAIN Walisongo Semarang dengan stempel
Perpustakaan IAIN Walisongo Semarang. Untuk selanjutnya,  pengadaan koleksi baru yang dibeli melalui fakultas masing-masing, diberi tanda stempel perpustakaan fakultas Syariah dan stempel perpustakaan fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Surakarta, begitu seterusnya berjalan sampai pada tahun 1997.

Di tahun 1997 ini, terjadi perubahan besar untuk seluruh wilayah di Indonesia, bahwa fakultas-fakultas yang berada di daerah berubah menjadi STAIN, berdiri sendiri lepas dari induknya. Demikian juga fakultas Syariah dan fakultas Ushuuddin yang berada di Surakarta melepaskan diri dari induknya (IAIN Walisongo Semarang) dan berdiri sendiri dengan nama STAIN Surakarta berdasarkan Kepres No. 11 tahun 1997. Sejak itulah   perpustakaan fakultas Syariah dan perpustakaan fakultas Ushuluddin digabung dengan nama UPT Perpustakaan STAIN Surakarta.

Pada awal berdirinya  masih menggunakan sistem manual, sejalan dengan berkembangnya jaman maka Perpustakaan STAIN Surakarta dalam pengelolaannya mengarah pada sistem  komputerisasi. Automasi Perpustakaan dimulai dengan dengan menggunakan program CDS-ISIS, selanjutnya  pada tahun 2000 dikembangkan dengan program WINISIS.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, tuntutan kebutuhan informasi dari pemustaka (pemakai p
erpustakaan) dan tanggung jawab atas fungsi dan peran perpustakaan yang menjadi bagian  infrastruktur yang sangat vital di STAIN Surakarta, maka pada tahun 2004/2005 perpustakaan menerapkan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (SIPRUS) dengan harapan dapat menyajikan data yang cepat, akurat dan tepat. Sistem SIPRUS ini mempunyai fleksibilitas dan integrasi data yang tinggi, fleksibel karena aplikasi ini dapat dijalankan dalam dua plafform yaitu linux dan windows. Disamping itu SIPRUS telah dipersiapkan untuk diakses pada jaringan public (internet). Pengembangan perpustakaan yang terbaru adalah program perpustakaan digital yaitu Library Garden (2009). Sehingga sistem yang digunakan untuk sekarang ( 2009/2010) adalah perpaduan SIPRUS dan Library Garden.

Berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 1/2011 tanggal 3 Januari 2011 tentang Perubahan status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dan peresmian perubahan status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2011 di Graha IAIN Surakarta oleh Menteri Agama RI Drs. Suryadharma Ali, M.Si. Maka nama perpustakaan berubah menjadi UPT Perpustakaan IAIN Surakarta.

Kepala Perpustakaan

Tahun 1992

Perpustakaan Fakultas Ushuluddin : Kodrat
  Perpustakaan Fakultas Syariah : Abdul Choliq Ahmad
Tahun 1994 Perpustakaan Fakultas Ushuluddin : Drs. Aminuddin
  Perpustakaan Fakultas Syariah : Masruhin, SH.
Tahun 1996 Perpustakaan Fakultas Ushuluddin : Drs. Amir Gufron
  Perpustakaan Fakultas Syariah : Masruhin, SH.
Tahun 1997-2000 UPT Perpustakaan STAIN Surakarta : Drs. Wardoyo
Tahun 2000-2003 UPT Perpustakaan STAIN Surakarta : Drs. H. Satori
Tahun 2003-2007  UPT Perpustakaan STAIN Surakarta : Pjs. Kepala Erland Cahyo Saputra, S.Sos.
Tahun 2008 UPT Perpustakaan STAIN Surakarta : Dra. Hafni
Tahun 2009 UPT Perpustakaan STAIN Surakarta : Pjs Kepala Imamah Mar’ati Sholihah, SS.
Tahun 2011 - sekarang UPT Perpustakaan IAIN Surakarta      : Erland Cahyo Saputro, S.Sos.,M.Hum.

Informasi Umum